top of page

Pengenalan Cara Kerja Steel Belt Traction pada Lift

Di dalam industri elevator, teknologi steel belt traction (penggerak sabuk baja) telah menjadi salah satu metode paling inovatif untuk menggerakkan elevator vertikal. Teknologi ini menawarkan keunggulan dalam hal kinerja, keandalan, dan efisiensi energi. Mari kita bahas lebih lanjut tentang cara kerja steel belt traction pada lift, termasuk peran Pardi Solusi Abadi sebagai salah satu penyedia Franz Home Lift dengan sistem penggerak steel belt traksi.


Apa Itu Steel Belt Traction?

Steel belt traction adalah sistem penggerak elevator yang menggunakan sabuk baja tipis sebagai pengganti kabel baja konvensional. Sabuk baja ini digunakan untuk menarik lift ke atas dan ke bawah melalui gulungan atau pulley di bagian atas dan bawah sumbu lift.


Komponen Utama


1. Steel Belt (Sabuk Baja): Sabuk baja adalah komponen utama dari sistem steel belt traction. Sabuk ini terbuat dari lapisan-lapisan tipis baja yang sangat kuat dan tahan terhadap tekanan dan gesekan. Sabuk baja diletakkan dalam lintasan di sepanjang sumbu lift dan diikat pada platform lift.


steel belt

 

2. Pulley (Gulungan): Pulley digunakan untuk menuntun sabuk baja. Ada pulley di bagian atas dan bawah sumbu lift. Pulley ini memiliki desain khusus untuk meminimalkan gesekan dan menjaga sabuk baja tetap pada jalurnya.

 

pulley

3. Counterweight (Beban Penyeimbang): Seperti pada sistem elevator konvensional, steel belt traction juga menggunakan beban penyeimbang (counterweight) untuk membantu mengimbangi berat lift dan mengurangi beban pada motor.

4. Motor Penggerak: Motor digunakan untuk menggerakkan pulley di bagian atas sumbu lift. Motor ini menghasilkan daya yang diperlukan untuk menggerakkan sabuk baja dan platform lift.

 

traction motor

Cara Kerja Steel Belt Traction

1. Penarikan oleh Sabuk Baja: Ketika lift dipanggil ke lantai yang dituju, motor mulai berputar untuk menarik sabuk baja. Sabuk baja bergerak melewati pulley di bagian atas sumbu lift dan terhubung dengan platform lift.


lift up

 

2. Pergerakan Platform Lift: Saat sabuk baja ditarik, platform lift yang terhubung bergerak ke arah yang diinginkan (naik atau turun) melalui penggerak sabuk baja. Beban penyeimbang juga bergerak sejajar dengan platform untuk menjaga keseimbangan sistem.


counterweight down

 

3. Kontrol dan Penghentian: Sistem steel belt traction dikendalikan oleh kontrol elektronik yang canggih. Ketika lift mencapai tujuan atau terjadi situasi darurat, sistem dapat dengan cepat mengatur kecepatan dan penghentian lift dengan aman.


integrated cabinet control

 

Keunggulan Steel Belt Traction

1. Keandalan Tinggi: Steel belt traction memiliki sedikit gesekan dan komponen yang lebih sedikit daripada sistem kabel konvensional, sehingga umumnya lebih andal dan memerlukan sedikit perawatan.

2. Efisiensi Energi: Karena desainnya yang ringan dan minim gesekan, steel belt traction lebih efisien secara energi daripada sistem kabel tradisional.

3. Desain Compact: Teknologi ini memungkinkan desain lift yang lebih kompak dan fleksibel, cocok untuk berbagai jenis bangunan dan ruang.

 

Pardi Solusi Abadi adalah salah satu penyedia resmi Franz Home Lift yang menggunakan teknologi steel belt traction. Dengan dukungan dari Pardi Solusi Abadi, Franz Home Lift dapat memberikan solusi elevator berkualitas tinggi dengan sistem penggerak steel belt traksi yang handal dan efisien.

1 view0 comments

Comments


bottom of page